Get the Flash Player to see this rotator.
Pencarian
Banner
wikipediabse
Waktu Sholat
Mars SMADA
Statistik

Hits hari ini : 141
.: Pengunjung :.
Hari ini : 55
Online :

:: Kontak Admin ::

rosyid_98

Hari Kebangkitan Nasional

Tanggal : 20-05-2016 07:00, dibaca 781 kali.

Pada 20 Mei tahun 2016 ini, merupakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke 108. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional setiap tahunnya diperingati dengan mengadakan Upacara Bendera. Apakah Hari Kebangkitan Nasional itu? dan bagaimanakah sejarah ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional itu ?

Hari kebangkitan Nasional merupakan peristiwa bangkitnya semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme diikuti dengan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Selama masa penjajahan semangat kebangkitan nasional tidak pernah muncul hingga berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 dan ikrar Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. (www.infonews.web.id)

Boedi Oetomo diprakarsai oleh: Dr. Soetomo, Dr. Wahidin, Dr. Goenawan dan Soerjadi Soerjaningrat serta didirikan oleh sembilan pelopornya, yaitu mahasiswa kedokteran STOVIA.
Mengapa organisasi Boedi Oetomo, sedangkan saat itu banyak organisasi yang lain, karena organisasi ini mempunyai visi, misi, sistem, pemimpin, anggota dan segala komponen yang dibutuhkan dalam organisasi yang berhubungan dengan memerdekakan bangsa dari penjajahan Belanda saat itu. (www.polban.ac.id)

Berturut-turut setelah Boedi Oetomo didirikan pada tahun 1908 diikuti berdirinya Partai Politik pertama di Indonesia Indische Partij pada tahun 1912, kemudian pada tahun yang sama Haji Samanhudi mendirikan Sarekat Dagang Islam di Solo, KH Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah di Yogyakarta, Dwijo Sewoyo dan kawan-kawan mendirikan Asuransi Jiwa Bersama Boemi Poetra di Magelang.  (www.infonews.web.id)

Karena Boedi Oetomo dianggap sebagai pelopor berdirinya organisasi kebangsaan yang lain, maka pemerintah menetapkan hari berdirinya Boedi Oetomo sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

 



Pengirim :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :

   Kembali ke Atas