Get the Flash Player to see this rotator.
Pencarian
Banner
wikipediabse
Waktu Sholat
Mars SMADA
Statistik

Hits hari ini : 179
.: Pengunjung :.
Hari ini : 55
Online :

:: Kontak Admin ::

rosyid_98

Hoscok Gelar Mustegak

Tanggal : 10/08/2018, 08:02:59, dibaca 235 kali.

Lumajang, SMADA News 2018– Mustegak (Musyawarah Penegak) merupakan suatu kegiatan PRAMUKA di SMADA yang bertujuan untuk menentukan pradana putra dan putri beserta wakilnya. Nama gugus depan pramuka SMADA yaitu H.O.S Cokroaminoto atau yang lebih dikenal dengan nama HOSCOK. Pada tahun ajaran ini mustegak diselenggarakan pada hari Sabtu, 15 September 2018 di lingkungan SMAN 2 Lumajang. Acara ini dimulai dari jam 07.00 sampai selesai dan menghasilkan keputusan yang mufakat. Mustegak kali ini melibatkan perwakilan kelas dan perwakilan gudep lain sebagai saksi musyawarah ini.


Pada tahap awal acara, ada opening ceremony yang dilakukan secara tertutup di Pinandhita Hall. Kemudian masuk pada tahap selanjutnya yaitu sidang pendahuluan dengan sambutan dari pradana. Setelah itu penentuan presidium sebagai pengatur jalannya acara selama kegiatan berlangsung. Sedangkan  agenda, jadwal, dan tata tertib sidang dibacakan pada saat sidang pleno I.


Pada sidang pleno II, dibacakan laporan proker selama masa jabatan hoscok 33. Dan juga mencakupi evaluasi kerja setiap anggota dalam masa jabatan tersebut. Pembacaan ini dilakukan oleh CO Evbang (Evaluasi dan pengembangan). Selanjutnya, pembagian komisi. Di sidang komisi, para anggota dibagi menjadi tiga komisi yaitu komisi A yang membahas tentang keorganisasian, komisi B mengenai rencana kerja, dan komisi C mengenai latihan rutin. Hasil dari pembahasan ketiga komisi tersebut akan dibacakan pada sidang pleno III.


Sampailah pada puncak acara yaitu pemilihan pradana putra dan putri. Seluruh kandidat akan diiring keluar forum untuk mendapat pembekalan dari pembina dan juga purna. Sedangkan didalam forum, seluruh anggota beserta presidium bermusyawarah mengenai pradana dan wakilnya. Setelah mendapat mufakat, seluruh kandidat kembali ke dalam forum dan pada saat inilah seluruhnya menyaksikan siapa pradana beserta wakilnya tersebut melalui video yang ditayangkan.


Setelah seluruh kegiatan dilaksanakan tibalah saat pengesahan hasil mustegak tahun ini. Selain menetapkan pradana hoscok 34, pada kegiatan ini sekaligus dibentuk dewan adat yang beranggotakan purna inti dari dewan ambalan hoscok 33. Dan diakhir dengan closing ceremony.


(Aulia)



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :

   Kembali ke Atas