April 25, 2024
BeritaKabar SekolahKesiswaan

Tak Ingin Sekedar Seremonial, SMADA Kemas Peringatan Hari Pahlawan Tuk Bentuk Karakter Siswa

SMADA News – Tanggal 10 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pahlawan di Indonesia. Penetapan tanggal 10 November sebagai hari nasional oleh pemerintah merujuk pada peristiwa pertempuran Surabaya 10 November 1945 yang merupakan puncak perlawanan rakyat Indonesia melawan tentara Inggris dan Belanda untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pertempuran tersebut adalah pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Sebagai bentuk penghargaan atas jasa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan Revolusi dalam mempertahankan kemerdekaan, maka pemerintah melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 menetapkan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan.

Jumat 10 November 2023, SMA Negeri 2 Lumajang (SMADA Lumajang) menggelar peringatan Hari Pahlawan usai pelaksanaan upacara bendera.

Tak ingin hanya sekedar seremonial, sekolah mengemas peringatan Hari Pahlawan tersebut menjadi sebuah kegiatan Peringatan Hari Besar Nasional yang diikuti oleh seluruh warga sekolah.

Peringatan Hari Pahlawan di SMADA Lumajang tahun ini diawali dengan penampilan drama teatrikal perjuangan revolusi oleh siswa. Drama tersebut menampilkan cerita perjuangan pahlawan revolusi dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia melawan pasukan Inggris dan Belanda yang ingin kembali menjajah Ibu Pertiwi.

Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan. Kepala Sekolah, Bapak Moh. Yatim Khudlori, M.Pd., secara langsung membuka kegiatan tersebut yang ditandai dengan pemukulan gong secara simbolis.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba-lomba menarik dan edukatif diantaranya, lomba Suarakan Semangatmu, Kaligrafi aksara jawa, Tebak Nama Pahlawan, Desain Baju dan Logo HUT 47 SMADA, serta lomba Fashion Family.

Sesuai dengan tema kegiatan yaitu “Pahlawan ku Inspirasi ku”, melalui peringatan Hari Pahlawan ini diharapkan siswa SMADA dapat memiliki karakter tangguh, pantang menyerah, rela berkorban serta cinta tanah air.

: radyd || : bima