May 23, 2024
BeritaKabar SekolahKurikulum

ANBK 2023 di SMADA Berjalan Lancar, Panitia Persiapkan Pelaksanaannya dengan Maksimal

SMADA News – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara resmi diluncurkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim sejak tahun 2021 lalu menggantikan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Tak seperti UNBK yang mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, ANBK dirancang untuk mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses dan hasil.

Penerapan ANBK ini merupakan upaya Kemdikbudristek untuk meningkatkan sistem evaluasi pendidikan melalui kebijakan Merdeka Belajar yang juga didukung penuh oleh Presiden Joko Widodo. Tujuan utamanya adalah mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Dilansir dari pusmendik.kemdikbud.go.id, ANBK terdiri dari tiga bagian, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

AKM dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi. Dua aspek tersebut merupakan kompetensi minimum bagi peserta didik untuk dapat berkontribusi di masyarakat serta membantu mereka dalam mempelajari bidang ilmu yang lain. Survei karakter dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar sosial-emosional berupa pilar karakter untuk mencetak Profil Pelajar Pancasila. Sedangkan survei lingkungan belajar dirancang untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah.

ANBK tahun 2023 untuk jenjang SMA dilaksanakan 2 hari mulai Senin (28/08) sampai Selasa (29/08). Di SMAN 2 Lumajang (SMADA Lumajang) pelaksanaannya satu sesi secara semi online dengan jumlah total peserta sebanyak 45 orang sebagai peserta utama dan 5 peserta cadangan sama seperti tahun lalu. Hanya saja, untuk tahun ini tempat pelaksanaannya dibagi menjadi 2 ruang. Adapun pembagian pesertanya yaitu sebanyak 21 siswa di ruang lab 1 dan 24 siswa di ruang lab 2.

Ruang lab komputer 1 diproktori oleh bapak Wahyudi Hidayat, S.Pd, Gr., dan diawasi oleh bapak M. Rizky Fisabilillah, S.Pd. Sedangkan ruang lab komputer 2 diproktori bapak Nanung Ashari, A.Md, serta diawasi bapak Bima Dwi Satriatama, S.Pd.

ANBK tahun 2023 di SMADA Lumajang berjalan lancar. Panitia benar-benar mempersiapkan pelaksanaannya secara maksimal sesuai dengan arahan Kepala Sekolah, Bapak Moh Yatim Khudlori, M.Pd. Saat rapat koordinasi (17/08), Kepala Sekolah memerintahkan agar ANBK 2023 dipersiapkan dengan sebaik mungkin sesuai petunjuk teknis (juknis) yang ada.

: radyd