Dispendik Jatim Tambah Kuota PPDB 2022 Jalur Prestasi

Edukasi News – Dinas Pendidikan (Dispendik) Jawa Timur mulai membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2022 pada bulan Mei mendatang. Tahapannya dimulai dengan entry nilai rapor oleh lembaga SMP/sederajat pada 23 – 28 Mei secara online. Kemudian calon pendaftar melakukan verifikasi nilai rapor pada 27 – 30 Mei. Sedangkan untuk pembetulan nilai rapor oleh lembaga dilaksanakan pada 28 – 31 Mei 2022.

Tidak ada perubahan signifikan dalam sistem PPDB tahun ini. Hanya saja, tahun ini kuota jalur prestasi yang dialokasikan Dinas Pendidikan (Dispendik) Jawa Timur cukup besar, yakni mencapai 30 persen.

Dikutip dari https://radarsurabaya.jawapos.com, Kadispendik Jawa Timur Wahid Wahyudi, Selasa (12/4) menjelaskan. “Besarnya kuota pada jalur prestasi dibanding tahun sebelumnya untuk meminimalisir disparitas kualitas pendidikan antarsekolah. Sebab, hal ini yang ditentukan oleh kompetensi kepala sekolah dan guru serta kelengkapan sarana-prasarana”.

Sistem PPDB tahun 2022 menyediakan 4 jalur pendaftaran sama seperti tahun sebelumnya, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru. Dan untuk mempertegas pembagian kuota untuk masing-masing jalur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengeluarkan Peraturan Gubernur Nomor 15 Tahun 2022.

Untuk jalur afirmasi disediakan kuota sebesar 15 persen, jalur perpindahan tugas orang tua 5 persen, dan jalur zonasi 50 persen. Sedangkan untuk jalur prestasi kuotanya sebesar 30 persen dengan pembagian 25 persen prestasi akademik dan 5 persen prestasi lomba.

Original url : https://radarsurabaya.jawapos.com/surabaya/12/04/2022/ini-dia-aturan-ppdb-jenjang-sma-dan-smk-di-jawa-timur/