May 23, 2024
BeritaKabar SekolahKehumasan

Dua Tahun Vakum, Duacare Kembali Gelar DGTS di SMADA

SMADA News – Duacare, sebuah charity organization yang dibentuk pada 26 Juli 2008 oleh alumni SMA Negeri 2 Lumajang, kembali menggelar acara Duacare Goes To School (DGTS) setelah sebelumnya vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid 19. Seperti tahun-tahun sebelumnya, agenda rutin tahunan Duacare tersebut dilaksanakan jelang peringatan HUT SMA Negeri 2 Lumajang yang jatuh pada bulan Februari.

DGTS 2023 dilaksanakan selama dua pekan, start pada tanggal 3 Januari dan berakhir pada 16 Januari. Tema yang diusung adalah Start Up: Level Up! , harapannya acara DGTS 2023 dapat menjadi “awal” bagi pelajar SMA khususnya siswa SMA Negeri 2 Lumajang kelas XII untuk menyiapkan perbekalan dan pengetahuan untuk dihadapkan dengan jenjang yang lebih tinggi.

Terdapat empat kegiatan utama yang dilaksanakan dalam DGTS 2023 yakni, Pemberian Beasiswa, Bedah Jurusan, Talkshow dan Campus Expo.

Beasiswa merupakan dana pendidikan yang diberikan Duacare kepada siswa-siswi SMA Negeri 2 Lumajang yang kurang mampu yang berprestasi secara akademis maupun non akademis selama menempuh pendidikan di SMA Negeri 2 Lumajang. Sistem seleksinya yaitu siswa-siswi melakukan pendaftaran pada tanggal 3 hingga 9 Januari. Tanggal 10 sampai tanggal 13 dilakukan seleksi berkas oleh panitia dan selanjutnya tanggal 14 dilanjutkan dengan seleksi wawancara. Kemudian hasilnya diumumkan pada tanggal 16 Januari.

Bedah Jurusan dilaksanakan pada tanggal 13 sampai 14 Januari. Tujuannya memberikan informasi tentang kehidupan kampus kepada siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 2 Lumajang sesuai jurusan yang mereka minati. Panitia menyiapkan 114 alumni SMA Negeri 2 Lumajang sebagai narasumber dari 61 jurusan yang ada.

Kegiatan Talkshow dilaksanakan pada Jumat, 13 Januari di Aula SMA Negeri 2 Lumajang dengan mengundang alumni SMA Negeri 2 Lumajang yang telah sukses untuk berbagi cerita inspiratif dibalik kesuksesannya. Tujuannya untuk memotivasi siswa-siswi dalam menyiapkan rencana pasca lulus nanti. Talkshow DGTS 2023 kali ini mengundang Gilang Gitarana, S.Pd., M.T., yang sukses berkarir sebagai Senior Game Developer.

Sedangkan untuk Campus Expo dilaksanakan pada tanggal 14 dan 15 Januari. Pelaksanaannya di aula SMA Negeri 2 Lumajang serta terbuka untuk umum khususnya siswa siswi kelas XII jenjang SMA/SMK se kabupaten Lumajang yang ingin mengetahui informasi mengenai berbagai perguruan tinggi. Sebanyak 22 PTN dan PTS dari 8 region se Jawa Bali ikut ambil bagian dalam acara ini.

Sementara itu, Kepala Sekolah, Bapak Moh. Yatim Khudlori, M.Pd. dalam sambutannya saat pembukaan Talkshow menyampaikan rasa bangganya kepada alumni SMA Negeri 2 Lumajang yang tergabung dalam Duacare.

“Saya selaku Kepala Sekolah terus merasa bangga kepada anak-anak SMA Negeri 2 Lumajang utamanya alumni SMA Negeri 2 Lumajang, karena kepeduliannya terhadap adik-adiknya yang masih duduk dikelas XII yang sebentar lagi akan lulus dan menempuh jenjang berikutnya. Dengan terselenggaranya acara DGTS ini, sangat membantu anak-anak kelas XII untuk memberikan gambaran dan pandangan serta memberikan informasi tentang perkuliahan”. Ungkapnya.

#SMADA Jaya, Pinandhita Luarbiasa !

: radyd | Lihat Dokumentasi