Gerak Cepat, SMADA Salurkan Bantuan Ke Pengungsi Erupsi Gunung Semeru

SMADA News – Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.30,  gunung Semeru mengalami erupsi besar memuntahkan guguran material vulkanis dan awan panas. Sedikitnya 8 desa dari dua kecamatan terdampak letusan tersebut yakni Desa Sumber Wuluh, Sumber Mujur, Penanggal, Candipuro dan Sumber Rejo, Kecamatan Candipuro. Sedangkan pada Kecamatan Pronojiwo ada tiga yaitu Desa Supiturang, Sumber Urip dan Oro Oro Ombo.

SMAN 2 (SMADA) Lumajang sebagai sekolah penyangga bencana di Kabupaten Lumajang, malamnya langsung mengirimkan Team Tanggap Bencana ke lokasi pengungsian untuk menyalurkan bantuan logistik. Bantuan tersebut merupakan donasi dari alumni, warga sekolah dan masyarakat sekitar.

Minggu (5/12/2021), SMADA membuka posko penyaluran bantuan bertempat di sekolah. Posko tersebut terbuka bagi masyarakat umum yang ingin memberikan donasi kepada korban erupsi semeru. Donasi yang diberikan dapat berupa barang maupun uang tunai.

Banyak kalangan yang menitipkan donasinya melalui SMADA. Dari masyarakat hingga instansi Pemerintah Daerah diantaranya, Paguyuban G5S, Temankeu Lombok, ex Mabar S11, Pemda Nganjuk dan donatur-donatur yang lain.

Tak ketinggalan, para siswa pun ikut serta memberikan donasi berupa uang yang besarannya tidak ditentukan. Pengumpulannya dikoordinir oleh walikelas dan dikumpulkan di posko. Dari donasi para siswa hingga Senin (6/12/21) terkumpul uang tunai Rp. 15.298.500.

Seluruh bantuan kemudian disalurkan kepada para korban erupsi gunung semeru oleh Team Tanggap Bencana SMADA.

(radyd/kumara)