May 23, 2024
BeritaKabar SekolahKehumasan

Hari ke-2 Perayaan HUT ke-46, SMADA Gelar Berbagai Lomba

SMADA News – Agenda kegiatan peringatan HUT ke-46 SMA Negeri 2 (SMADA) Lumajang dihari ke 2, Rabu (15/2) kemarin adalah lomba external dan lomba internal. Lomba internal adalah lomba yang digelar intern untuk siswa-siswi SMADA meliputi final liga SMADA dan Choir Art Competition (CAC).

Sedangkan lomba external adalah lomba yang digelar melibatkan peserta dari luar SMADA. Terdapat 3 cabang lomba external yang digelar dalam rangka memeriahkan perayaan HUT ke 46 SMADA yaitu, final turnamen futsal SMADA Cup, Rally English dan SMADA Mathematic Olympiad (SMO).

Baca Juga : Menyiratkan Pendidikan Karakter dalam Kompetisi Paduan Suara, HUT ke-46 SMADA

Turnamen Futsal SMADA Cup

Turnamen futsal SMADA Cup 2023 sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya pesertanya tidak hanya tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), namun tahun ini panitia juga membuka turnamen futsal tingkat Sekolah Dasar (SD). Sedikitnya 47 tim ikut memeriahkan turnamen yang dihelat di lapangan futsal SMADA ini. Rinciannya 32 tim dari tingkat SMP dan sisanya 15 tim tingkat SD.

Rifqi Fauzan Dani kelas XI IPS 3, salah seorang panitia SMADA Cup mengatakan, SMADA CUP tingkat SD maupun SMP pelaksanaannya dibagi menjadi tiga babak. Tingkat SMP, babak pertama yaitu babak 16 besar pelaksanaannya tanggal 11 Februari. Babak kedua adalah babak 8 besar sekaligus penentuan juara III dan IV digelar tanggal 12 Februari. Kemudian ditutup dengan babak final tanggal 15 Februari. Sedangkan untuk tingkat SD, babak pertama adalah babak 8 besar tanggal 11 Februari, babak kedua penentuan juara III dan IV tanggal 12 Februari.

Final SMADA CUP digelar tanggal 15 Februari. Tim futsal SMPN 1 Pasirian berhasil keluar sebagai juara I dan merebut piala bergilir SMADA Cup yang pada SMADA Cup tahun 2019 dimenangkan oleh SMPN 1 Senduro. Juara ke II tim futsal MTSN 1 Lumajang, juara III SMPN 1 Tempeh dan juara harapan I diraih SMPN 1 Sukodono. Sedangkan jenjang SD dijuarai tim futsal SDN 02 Citrodiwangsan, juara II SDN 03 Tompokersan, juara III MI Miftahul Huda Laban dan juara harapan I SDI Tompokersan. Masing-masing tim juara mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan.

Menurut Rifqi, untuk tingkat SD tahun depan rencananya juara pertama juga akan mendapatkan piala bergilir.

Rally English

Lomba external berikutnya yang cukup meriah dalam perayaan HUT ke-46 SMADA adalah Rally English. Lomba Bahasa Inggris tersebut sangat diminati. Terbukti dari 30 tim yang ditargetkan ternyata terlampaui hingga diikuti 53 tim dari 15 SMP Negeri dan swasta se kabupaten Lumajang. Masing-masing tim terdiri dari 3 orang. Setiap sekolah diperbolehkan mengirim lebih dari satu tim.

Aisyah Almaghroby koordinator Rally English menjelaskan, lomba Rally English tahun 2023 dibagi dalam 4 babak yaitu babak penyisihan, babak rally, babak semifinal san babak final. Pelaksanaannya secara maraton dalam satu hari tanggal 15 Februari.

Babak penyisihan dilaksanakan dua sesi di tiga Laboratorium Komputer SMADA. Masing-masing tim mengerjakan soal pilihan ganda berbasis komputer sebanyak 50 butir dalam jangka waktu 60 menit. Dari babak penyisihan ini dipilih 50 %  peserta untuk melaju ke babak  berikutnya.

Babak ke II adalah babak Rallynya. Di babak ini setiap tim harus melewati 5 pos dan menyelesaikan games Bahasa Inggris di setiap pos tersebut. Dari babak kedua ini dipilih 5 tim terbaik untuk melaju ke semifinal.

Babak semifinal dan final dilaksanakan di ruang multimedia SMADA. Dari babak semifinal dipilih tiga tim terbaik untuk melaju ke babak final selain itu dibabak ini juga penentuan juara harapan I dan juara harapan II. Seleksinya dengan cara cerdas cermat atau quiz Bahasa Inggris. Hasilnya SMPN 1 Yosowilangun keluar menjadi juara harapan I dan SMPN 1 Jatiroto juara harapan II.

Babak final adalah Story Telling. Masing-masing tim yang lolos ke babak final diperlihatkan satu tayangan video, kemudian mereka diminta untuk menceritakan kembali isi dari video tersebut menggunakan bahasa inggris sesuai ingatan mereka. Hasilnya, SMPK Bharawidya Lumajang keluar sebagai juara I disusul MTsN 1 Lumajang juara II dan SMP Al Ikhlash Lumajang juara III.

Juara I, II dan III mendapatkan hadiah piala, uang pembinaan, voucher regular class Denny’s Bunch Lumajang dan sertifikat. Sedangkan untuk juara harapan I dan II mendapatkan piala dan sertifikat.

SMADA Mathematic Olympiad (SMO)

SMADA Mathematic Olympiad (SMO) tak kalah seru dengan dua lomba external di atas. Sebanyak 168 siswa SMP Negeri dan Swasta ikut ambil bagian dalam babak penyisihan. Seleksinya masing-masing peserta mengerjakan ujian berbasis smartphone selama 90 menit di ruang yang telah disediakan panitia. 15 peserta dengan nilai tertinggi berhak maju ke babak semifinal.

Babak semifinal dilaksanakan di Aula SMADA. Masing-masing peserta mengerjakan paper test yang terdiri dari 10 soal isian singkat dan 5 soal uraian. Panitia memberikan waktu 75 menit untuk babak semifinal ini. Dari 15 peserta dipilih 5 terbaik untuk melaju ke babak final.

Babak final dilaksanakan dengan metode Cerdas cermat yang terbagi menjadi 3 babak yaitu babak wajib, babak lemparan dan babak rebutan. Hasilnya Juara I diraih Audrey Felicity Hadi Siswoyo dari SMPK Bharawidya Lumajang, juara II Putra Davian Joeliandra Sakhi dari MTsN 1 Lumajang, dan juara III Nova Hutama dari SMPN 1 Lumajang. Sementara itu untuk juara harapan I diraih oleh Mohamad Jofan Alfirdaus dari SMPN 1 Tempeh dan juara harapan II diraih Achmad Taghribirdy Al Munawwir dari MTsN 1 Lumajang. Untuk juara I, II dan III mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan. Sedangkan juara harapan I dan II mendapatkan piala dan sertifikat.

Sama halnya dengan Rally English, pelaksanaan SMADA Mathematic Olympiad (SMO) dilakukan secara maraton mulai pagi hingga sore.

Nendra Yanuaga Repliksio, ketua pelaksana SMO 2023 mengatakan, peserta SMO tahun ini naik dua kali lipat bila dibandingkan dengan pelaksanaan SMO tahun 2019 sebelum pandemi.

“Tahun ini animo pesertanya luar biasa, naik dua kali lipat kalau dibanding tahun 2019”.

Penyerahan Piala dan Hadiah

Penyerahan piala dan hadiah dari ke 3 lomba external tersebut dilakukan oleh Kepala Sekolah Bapak Moh. Yatim Kudlori, M.Pd, di tiga tempat berbeda sesuai dengan tempat pelaksanaan lomba.

: radyd | : bima, slamet | : Lihat Dokumentasi