Hari Kebangkitan Nasional

Pada 20 Mei tahun 2020 ini, merupakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke 112. Hari Kebangkitan Nasional setiap tahunnya diperingati dengan menggelar Upacara Bendera.

Hari Kebangkitan Nasional disingkat Harkitnas, merupakan peristiwa penting bagi Bangsa Indonesia yang mana saat itu dalam diri rakyat Indonesia mulai tumbuh semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme. Munculnya semangat tersebut ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 dan dilanjutkan dengan ikrar Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Berdirinya organisasi Boedi Oetomo diprakarsai oleh Dr. Goenawan, Soerjadi, Dr. Soetomo dan Dr. Wahidin. Tak lama setelah Boedi Oetomo berdiri lahir organisasi-organisasi kebangsaan yang lain yakni Indische Partij pada tahun 1912, kemudian pada tahun yang sama lahir Sarekat Dagang Islam di Solo yang didirikan oleh Haji Samanhudi , KH Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah di Yogyakarta, Dwijo Sewoyo dan kawan-kawan mendirikan Asuransi Jiwa Bersama Boemi Poetra di Magelang. 

Oleh karena itu, pemerintah menetapkan hari berdirinya Boedi Oetomo sebagai Hari Kebangkitan Nasional Karena Boedi Oetomo dianggap sebagai pelopor berdirinya organisasi kebangsaan yang lain.