May 23, 2024
BeritaKabar SekolahKesiswaan

Hoscok Gelar Solid Patrol ke-9 Tingkat Provinsi Jawa Timur

Dalam rangka memperingati hari jadi ke-38, Gugusdepan Lumajang 07-119/07-120 H.O.S Cokroaminoto pangkalan SMA Negeri 2 Lumajang menggelar Solid Patrol ke-9, Sabtu 13 Mei 2023.

Setelah vakum selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19, perhelatan yang digelar setiap 2 tahun sekali ini kembali hadir dengan warna dan corak berbeda.

Tahun ini, Solid Patrol ke-9 tingkatnya tidak hanya kabupaten Lumajang saja, namun dinaikkan menjadi tingkat provinsi Jawa Timur. Peserta yang mendaftar terdiri dari 13 regu penggalang putra dan 13 regu penggalang putri dari 13 pangkalan. Masing-masing regu beranggotakan 8 orang.

Ke 13 pangkalan yang ikut ambil bagian dalam solid patrol ini adalah, MTs Ma’arif NU Nurul Islam, SMPN 2 Lumajang, MTs Nurul Masyithoh Lumajang, SMPN 1 Tempeh, MTsN 1 Lumajang, SMP 1 Kencong, SMPN 2 Klakah, SMPN 1 Lumajang, SMPN 4 Kota Malang, SMPN 1 Sukodono, MTs Nurul Huda, SMPN 5 Lumajang dan SMP Al Ikhlas Lumajang.

Tema yang diusung pada Solid Patrol ke-9 ini adalah Scout Part of the World yang artinya Pramuka adalah bagian dari dunia.

Pemilihan tema tersebut didasarkan karena setiap mata lomba yang dilaksanakan dipilih dan diambil dari 17 poin Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) secara global.

Dikutip dari banjarnegarakab.go.id, SDGs merupakan agenda global yang diluncurkan PBB pada September 2015 lalu yang melanjutkan upaya dan capaian agenda global sebelumnya yaitu Millennium Development Goals (MDGs) yang sudah banyak merubah wajah dunia 15 tahun kearah yang lebih baik.

Adapun perlombaan yang dilaksanakan pada Solid Patrol 2023 ini dibagi menjadi 3 tahap. Tahap 1 yaitu Smart Skill Competition putra dan putri, Pionering putra dan putri, Desain Poster putra dan putri, Fashion Culture putra dan putri serta Innovation Marketing per pangkalan. Tahap 2 terdiri dari lomba Tari Kreasi untuk pangkalan serta lomba Reporter putra dan putri. Sedangkan di tahap 3 dilaksanakan lomba Batle Yel-yel untuk tiap-tiap pangkalan.

MTs Negeri 1 Lumajang berhasil keluar sebagai juara umum Solid Patrol ke 9 setelah mengumpulkan point total sebanyak 36. Dengan demikian MTs Negeri 1 Lumajang berhak membawa Trophy bergilir Kakwarda Jatim serta uang pembinaan.

: radyd | : bima || Dokumentasi