Kacabdin Tinjau Pelaksanaan ANBK di SMADA

Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Jember Lumajang, Dr. Drs. Mahrus Syamsul, M.MPd., Rabu (31/08) meninjau pelaksanaan Asesemen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMA Negeri 2 (SMADA) Lumajang. Beliau didampingi Kepala Sekolah melihat langsung pelaksanaan ANBK disetiap ruangan untuk memastikan pelaksanaannya berjalan lancar.

ANBK tahun 2022 untuk jenjang SMA dilaksanakan selama dua hari yakni mulai Rabu 31 Agustus sampai Kamis 1 September. ANBK di SMADA dilaksanakan satu sesi secara semi online. Untuk itu, sekolah menyiapkan tiga ruang Lab Komputer. Masing-masing ruang terdiri dari 18 komputer client (15 komputer utama, 3 komputer cadangan) yang terhubung ke satu server lokal. Satu server lokal ini lah yang menghubungkan peserta setiap ruang dengan server ANBK secara online.

Dikutip dari pusmendik.kemdikbud.go.id, ANBK bertujuan untuk mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses serta hasil dan tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, maka Kementrian Pendidikan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) memilih peserta ANBK secara acak. Setiap sekolah dipilih 50 orang siswa dari jenjang kelas XI, 45 siswa sebagai peserta utama dan 5 siswa sebagai peserta cadangan.

Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrument penilaian antaralin, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Surveri Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. AKM bertujuan untuk mengukur capaian peserta didik dalam hal literasi dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif. Survei Karakter bertujuan untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar sosial-emosional. Sedangkan Survei Lingkungan Belajar bertujuan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah.

Hasil dari ANBK ini digunakan pemerintah untuk melakukan refleksi dalam mempercepat perbaikan mutu pendidikan nasional kedepan.

Lihat Dokumentasi Kegiatan ANBK 2022.

(radyd/su’udi)