May 22, 2024
BeritaKabar SekolahKurikulum

Kemas Penilaian Praktik dalam Pameran Karya Studi Siswa

SMADA News – Salah satu indikator silabus mata pelajaran Seni Budaya kelas XII adalah menyelenggarakan pameran karya seni rupa karya sendiri. Berkaitan dengan hal tersebut, SMA Negeri 2 Lumajang menggelar pameran karya studi seni rupa hasil karya siswa kelas XII Mipa sekaligus digunakan untuk pengambilan nilai Evaluasi Belajar Tahap Akhir (Ebta) praktik.

Pameran dilaksanakan di Kantin SMA Negeri 2 Lumajang. Pelaksanaannya selama 4 hari mulai tanggal 6 sampai 10 Februari 2023.

Menurut Bapak Drs. Jaya Syahran selaku guru pembimbing, pelaksanaan pameran karya studi kali ini dibagi menjadi dua sesi. Hal tersebut dilakukan karena tempat yang digunakan untuk pameran tidak mencukupi untuk keseluruhan kelas XII Mipa.

“Kegiatan pengambilan nilai ujian keterampilan ini dibagi menjadi dua, mengingat tempat yang digunakan tidak mencukupi untuk seluruh kelas XII Mipa, maka pelaksanaannya dibagi menjadi dua sesi. Sesi I tanggal 6 dan 7 kelas XII Mipa 02, 04, 06, dan 08. Sedangkan sesi II tanggal 9 dan 10 pesertanya kelas XII MIPA 01, 03, 05 dan 07.” Jelas Bapak Jaya dilaporannya saat pembukaan pameran.

Lebih lanjut Bapak Jaya melaporkan, pameran karya studi seni rupa ini diikuti oleh 134 siswa dengan rincian 80 siswa menampilkan karya dua dimensi dan 54 siswa menampilkan karya tiga dimensi. Semua karya yang ditampilkan adalah hasil studi selama di semester I. Untuk pendanaan pembuatan stand dan penyelenggaraan pameran ini menggunakan dana swadaya siswa.

Sementara itu, Kepala Sekolah Bapak Yatim Kudlori, M.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan pembuatan karya seni membutuhkan keuletan dan kesabaran serta memerlukan proses yang cukup panjang. Selain itu pembuatan karya seni itu juga melatih siswa dalam olah rasa diri sehingga diharapkan siswa memiliki moralitas yang baik. Kegiatan pameran karya studi seni rupa ini juga sebagai wadah bagi siswa yang memiliki talenta dibidang seni untuk mengekspresikan dan menyalurkan bakatnya tersebut.

Pameran karya studi seni rupa 2023 secara resmi dibuka oleh Kepala Sekolah sekira pukul 09.30 yang ditandai dengan pemotongan pita secara simbolis. Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke stand-stand untuk melihat hasil karya siswa. Seluruh Wakil Kepala Sekolah serta Kepala Tata Usaha ikut serta mendampingi Kepala Sekolah dalam pembukaan dan kunjungan tersebut.

: radyd | : bima | Lihat Dokumentasi