May 23, 2024
BeritaKabar SekolahKurikulum

Lekatkan Jiwa Kebhinekaan Siswa Dengan Bermain Peran Dalam Aksi Nyata P5

Sabtu (10/06), SMA Negeri 2 Lumajang (SMADA Lumajang) menggelar Aksi Nyata Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Proyek ini adalah proyek ke 4 yang mengangkat dimensi Berkebhinekaan Global dengan tema Bhineka Tunggal Ika.

P5 dalam Kurikulum Merdeka merupakan kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.

Melansir www.datadikdasmen.com, Profil Pelajar Pancasila merupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional. Profil Pelajar Pancasila berperan sebagai referensi utama yang mengarahkan kebijakan-kebijakan pendidikan termasuk menjadi acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik.

Profil Pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi yang merupakan satu kesatuan utuh yakni 1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2. Mandiri, 3. Bergotong-royong, 4. Berkebhinekaan global, 5. Bernalar kritis, dan 6. Kreatif. Setiap dimensi profil pelajar Pancasila terdiri dari beberapa elemen yang sebagian dijelaskan lebih konkrit menjadi sub elemen.

Sedangkan untuk tema atau materi pokok P5, Kemdikbudristek memberikan 7 judul tema yaitu 1. Gaya Hidup Berkelanjutan, 2. Kearifan Lokal, 3. Bhineka Tunggal Ika, 4. Bangunlah Jiwa dan Raganya, 5. Suara Demokrasi, 6. Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI, dan 7. Kewirausahaan.

Aksi Nyata P5 SMADA Lumajang kali ini diwujudkan dalam pertunjukan drama musikal. Adapun tema Aksi Nyata ini sendiri adalah “MENYEMAI KEMBALI NILAI TENGGANG RASA MELALUI SENI BERMAIN PERAN”. Harapannya proyek ke 4 P5 ini dapat melekatkan kembali jiwa kebhinekaan kepada peserta didik sehingga mereka dapat selalu menghargai setiap perbedaan yang ada baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat.

Pementasan drama musikal dilaksanakan di Aula SMADA. Masing-masing kelas menampilkan satu buah drama musikal dengan judul yang berbeda-beda. Kelas XA menampilkan drama musikal dengan judul Garis Takdir, XB-Alangkah Lucunya Negeri Ini, XC-Bumi Cakrawala, XD-Hima dan Mimpinya, XE-Payung, XF-Antara Cita dan Cinta, XG-Bayangan Bulan Juni, XH-Bimantara Utopia, XI-Saya Maluku, XJ-Kebenaran Cinta Keterpaksaan Jiwa dan XK-Narapati Amreta.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Komite SMADA, Bapak Agus Setiawan, Ketua Ikatan Alumni SMADA, Bapak Hendrik Dimartono serta wali murid kelas X.

Selain penampilan drama musikal, di lapangan upacara juga terdapat beberapa stand pameran dari produk yang telah dihasilkan siswa-siswi SMADA pada Proyek 1, Proyek 2 dan Proyek 3 yang telah dilaksanakan sebelumnya.

: radyd || : bima || Dokumentasi