Mendikbudristek Imbau Generasi Penerus Bangsa Mahir Berbahasa Indonesia

Jakarta, 2 November 2021— Masih dalam momentum lahirnya Sumpah Pemuda, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Seminar dan Lokakarya Kemahiran Berbahasa secara hibrida di Hotel Mercure Convetion Center Ancol, Jakarta Baycity, DKI Jakarta. Tujuannya untuk merumuskan dan mewujudkan manusia Indonesia dengan kemahiran berbahasa Indonesia yang unggul.

Hadir sebagai salah satu pemakalah kunci, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim. Dalam sambutannya beliau mengimbau generasi penerus bangsa agar mahir berbahasa Indonesia. Dengan demikian berarti mereka mengakui kemerdekaan berbahasa dan menunjukkan jati dirinya sebagai bangsa.

“Sejarah dicetuskannya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan harus selalu kita ingat khususnya di tengah globalisasi yang menuntut kita untuk mampu berbahasa asing. Kita harus selalu mengingat dan mengingatkan anak-anak kita untuk menggunakan bahasa Indonesia,” ungkap Menteri Nadiem dikutip dari situs resmi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Untuk mewujudkan kemahiran berbahasa Indonesia bagi generasi penerus bangsa, Kemendikbudristek meluncurkan berbagai macam program diantaranya melaksanakan kegiatan untuk memperingati Bulan Bahasa yang jatuh pada bulan Oktober, meluncurkan aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), aplikasi tematis bahasa Indonesia dan SIPEBI untuk pemeriksaan ejaan bahasa Indonesia. Kemendikbudristek juga menghadirkan situs Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) agar masyarakat dapat melakukan latihan melalui simulasi dan mengunduh panduan UKBI mahir berbahasa Indonesia.

Seminar dan Lokakarya Kemahiran Berbahasa tersebut dilaksanakan selama tiga hari yakni tanggl 2 November sampai tanggal 4 November 2021. Topiknya adalah “Peran strategis lembaga pemanfaat layanan UKBI dalam pemartabatan dan penginternasionalan bahasa Indonesia”.

sumber : www.kemdikbud.go.id

url : https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/11/mendikbudristek-imbau-perkuat-jati-diri-bangsa-dengan-mahir-berbahasa-indonesia