May 23, 2024
BeritaKabar SekolahKesiswaan

Menyiratkan Pendidikan Karakter dalam Kompetisi Paduan Suara, HUT ke-46 SMADA

SMADA News – Salah satu kompetisi yang digelar untuk internal siswa saat perayaan HUT ke 46 SMA Negeri 2 (SMADA) Lumajang adalah Choir Art Competition (CAC). CAC atau pada peringatan HUT SMADA sebelum-sebelumnya dikenal dengan Jingle SMADA merupakan kompetisi rutin saat perayaan HUT SMADA. Tahun ini, pelaksanaanya Rabu (15/02) di lapangan olahraga SMADA.

Peserta SMADA CAC 2023 adalah seluruh kelas X dan kelas XI, jumlah personil paduan suara per kelasnya tidak ditentukan. Sesuai dengan kesepakatan kelas masing-masing.

“Itu pesertanya setiap kelas jumlah timnya tidak ditentukan, ada yang banyak ada yang sedikit,” terang Bapak Nanung Ashari, salah seorang juri SMADA CAC saat dikonfirmasi.

SMADA CAC 2023 dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Pelaksanaannya berlangsung meriah. Seluruh siswa yang terbagi menjadi 26 tim berkompetisi menampilkan performa terbaik mereka. Setiap tim diwajibkan menyanyikan Mars SMA Negeri 2 Lumajang sebagai lagu wajib, dan satu buah lagu daerah sesuai pilihan.

Dewan juri yang bertugas dalam penilaian SMADA CAC 2023 sebanyak tiga orang. Dua orang berasal dari sekolah, Bapak Nanung Ashari, KTU SMA Negeri 2 Lumajang, dan Ibu Eni Kusrini, guru Muatan Lokal SMA Negeri 2 Lumajang. Seorang dewan juri mengundang praktisi seni vokal dari luar sekolah, Ibu Eldian Nilamsari. Adapun poin penilaiannya adalah vokal, kekompakan serta penampilan kostum.

Kompetisi SMADA CAC ini muaranya tetap pada pembentukan karakter siswa. Diharapkan dari kompetisi ini dapat menumbuhkan rasa cinta siswa terhadap sekolah dan terhadap budaya bangsa khususnya lagu daerah. Selain itu, ajang tahunan ini juga sebagai sarana siswa untuk mengekspresikan talenta mereka dalam seni vokal.

Hasil penilaian dewan juri, SMADA CAC 2023 yang berlangsung sekitar 4 jam tersebut yaitu kelas X-E meraih juara I, kelas X-J juara II dan juara III diraih oleh kelas X-I.

: radyd | : slamet | : Lihat Dokumentasi