MPLS SMADA, Bangun Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa Baru

SMADA News – Awal masuk sekolah untuk siswa baru dimulai dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Hal ini dilaksanakan sekolah agar siswa baru mengenal program, cara belajar, sarana prasarana, serta kultur sekolah.

Berdasarkan petunjuk teknis (juknis) Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, pelaksanaan MPLS tahun ini materinya ditekankan pada pengembangan potensi karakter siswa untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

SMA Negeri 2 (SMADA) Lumajang menggelar kegiatan MPLS selama lima hari dimulai sejak Senin, 18 Juli sampai Jumat, 22 Juli 2022. Dalam lima hari tersebut, siswa dikenalkan dengan Budaya dan Tatatertib sekolah, sarana dan prasarana, guru dan tenaga kependidikan, kurikulum sekolah, kegiatan sekolah, perpustakaan, serta OSIS/MPK. Siswa juga diberikan materi Pendiikan Karakter, pengembangan Pendidikan Karakter, wawasan Wiyata Mandala,  Bina Disiplin, Bela Negara, cara Belajar Efektif serta materi Profil Pelajar Pancasila dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah. Pengenalan dan penyampaian materi tersebut dilaksanakan di Aula Pinandhita SMADA.

Untuk lebih mengenal kegiatan ekstrakurikuler sekolah, diadakan juga demo ekstrakulikuler di lapangan olahraga SMADA. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi dan gambaran kepada siswa baru untuk memilih ekstrakulikuler yang mereka minati selain ekstrakulikuler wajib.

Dengan kegiatan MPLS ini, diharapkan dapat menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif siswa baru. Menumbuhkan sikap disiplin serta membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan sekolah shingga terjalin interaksi positif dengan warga sekolah.

Lihat dokumentasi di sini !

(radyd/slam)