May 23, 2024
BeritaKabar SekolahKesiswaan

Pelaksanaan MPLS di SMADA Bebas Perpeloncoan

SMADA News – Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru tahun 2023 di SMAN 2 Lumajang (SMADA Lumajang) dimulai Senin, (17/07) mengikuti jadwal MPLS serentak yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

MPLS SMADA Lumajang dilaksanakan selama 5 hari mulai Senin 17 Juli sampai Jumat 21 Juli. Di hari pertama, usai apel pagi dan pembagian lokal di lapangan olahraga, kegiatan dipusatkan di Aula SMADA untuk mengikuti pembukaan MPLS secara online oleh Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa. Pada kesempatan tersebut, seluruh siswa secara bersama-sama membaca Ikrar Pelajar Anti Kekerasan dan Anti Perundungan.

Sesuai arahan Gubernur Jatim, pelaksanaan MPLS di SMADA bebas dari perpeloncoan atau senioritas. Seluruh kegiatannya diawasi serta dikoordinasi oleh guru pendamping. Sementara Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) bertugas mendampingi siswa baru dalam hal pengaturan alur kegiatan.

Selain dikenalkan dengan hal-hal terkait dengan lingkungan sekolah, siswa baru juga dibekali dengan materi pendidikan karakter yang mencakup nilai-nilai disiplin, mandiri, jujur, toleransi tanggungjawab dan religius. Mereka juga diberikan materi wawasan kebangsaan dan bela negara. Harapannya dengan penyampaian materi tersebut dapat menumbuhkan karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air pada siswa baru.

Di hari terakhir pelaksanaan MPLS Jumat (21/07), digelar demo ekstrakulikuler sekolah di lapangan olahraga. Setiap cabang ekstrakurikuler mengirimkan perwakilannya untuk menampilkan atau mempresentasikan kegiatan serta program-program mereka. Tujuannya untuk mengenalkan juga untuk mengajak siswa baru untuk bergabung dan mengembangkan bakat sesuai minat masing masing.

: radyd || : bima || : Dokumentasi