May 23, 2024
BeritaKabar SekolahKesiswaan

Pemilihan Ketua OSIS dan Ketua MPK, Ajang Siswa SMADA Belajar Berdemokrasi

SMADA News – Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Sekolah (OSIS) dan Ketua Majelis Perwakilan Kelas (MPK) masa bhakti 2023/2024 di SMA Negeri 2 Lumajang (SMADA Lumajang) menjadi sarana siswa untuk belajar berdemokrasi. Dalam pemilihan tersebut, setiap siswa bebas menentukan pilihannya sesuai hati nurani masing-masing. Hal ini merupakan salah satu upaya sekolah untuk memberikan pendidikan demokrasi berbasis pengalaman atau yang dikenal dengan experiential learning.

Tahun ini, penyelenggaraan pemilihan ketua OSIS dan ketua MPK dilaksanakan secara digital (e-voting). Pengadopsian teknologi digital dalam pemilihan ketua OSIS dan ketua MPK di SMADA Lumajang sendiri bukan merupakan hal baru. Pasalnya pemilihan ketua OSIS dan ketua MPK berbasis elektronik telah dilaksanakan sejak 2019 lalu. Tujuannya adalah untuk mewujudkan efektivitas dan efisiensi dalam pemilu OSIS dan MPK.

Aplikasi e-voting yang digunakan merupakan hasil pengembangan team IT SMADA Lumajang. Setiap tahun, aplikasi tersebut pun terus disempurnakan.

Pemilihan yang digelar pada Jumat (22/09) itu diikuti 3 calon ketua OSIS dan 3 calon ketua MPK. Adapun 3 calon yang ikut berkompetisi dalam pemilihan ketua OSIS yakni Atikah, Rasyha Andika Dwi Ikhasul Arif, dan Beta Justifyani Taufiq Putri. Sedangkan calon yang ikut berkompetisi pemilihan ketua MPK adalah Alsya Naurah Qstikhomalia, Dhea Ristanti Violia Putri, dan Icha Safiro Mahrosa.

Rangkaian kegiatan pemilihan diawali dengan orasi kandidat calon ketua OSIS dan ketua MPK yang diikuti seluruh warga sekolah. Waktu pelaksanaannya mulai jam ke I sampai dengan jam ke IV di lapangan olahraga SMADA. Masing-masing calon diberikan kesempatan untuk menjelaskan visi, misi dan program kerja mereka yang selanjutnya akan ditanggapi oleh audiens.

Proses pemungutan suara dilaksanakan ba’da sholat Jum’at hingga pukul 15.30. Secara bergantian per kelas, seluruh siswa menyalurkan hak pilihnya di 2 Lab Komputer dengan kapasitas masing-masing 40 orang. Secara rinci teknisnya yaitu, panitia akan memanggil kelas yang mendapatkan giliran untuk memilih menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kemudian setiap siswa mengisi presensi pemilihan. Setelah itu, mereka akan diberikan nomor pin pemilihan secara acak untuk login ke aplikasi pemilihan. Usai memberikan suara, mereka harus mencelupkan salah satu jari ke tinta yang telah disediakan panitia sebagai tanda telah memberikan suara. Selain siswa, guru dan karyawan juga ikut serta memberikan suara.

Pemilihan Ketua OSIS periode 2023-2024 dimenangkan oleh Rasyha Andika Dwi Ikhasul Arif dengan total perolehan suara sebesar 57.38 %, kemudian disusul Beta Justifyani Taufiq Putri di urutan ke-2 dengan perolehan suara sebesar 25.57 %  serta Atikah diurutan ke 3 dengan perolehan suara sebesar 8.29 %.

Sementara itu pada pemilihan Ketua MPK, Dhea Ristanti Violia Putri memimpin perolehan suara dengan jumlah 61.01% suara. Urutan ke-2 Alsya Naurah Qstikhomalia dengan perolehan suara sebesar 15.39 % dan Icha Safiro Mahrosa di urutan ke-3 dengan perolehan 14.84 % suara.

Dengan hasil tersebut, Rasya dan Dhea dipastikan akan memimpin jalannya roda organisasi OSIS dan MPK SMADA Lumajang untuk 1 tahun ke depan. Selamat untuk ketua OSIS dan Ketua MPK yang terpilih. Semoga dapat mengemban amanah dengan baik.

: radyd || : bima