May 23, 2024
BeritaKabar SekolahKesiswaan

Peringatan Maulid Nabi 1445 H, Ekspresikan Rasa Cinta Kepada Rasulullah SAW

SMADA News – Sebagai umat Islam, mencintai Nabi Muhammad Rasulullah SAW adalah sebuah kewajiban, bahkan dalam hadist shahih Bukhari dijelaskan bahwa Nabi telah bersabda,  “Tidak sempurna iman salah seorang dari kalian sehingga menjadikan aku lebih ia cintai dari orang tuanya, anaknya dan seluruh manusia”.

Para ulama sepakat bahwa mencintai Rasulullah SAW berarti mengikuti petunjuknya, mengamalkan dan membela sunnahnya, membela syariatnya, bersholawat kepadanya, patuh kepada perintahnya, menjauhi larangannya, menjadikannya sebagai idola dan panutan, mencintai apa yang ia cintai, dan membenci apa yang ia benci.

Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun Gajah. Hari kelahiran beliau disambut dan diperingati oleh seluruh umat islam dengan penuh suka cita.

Dalam rangka mengekspresikan rasa cinta warga muslim SMA Negeri 2 Lumajang (SMADA Lumajang) kepada Rasulullah SAW, Jumat (29/9), SMADA Lumajang menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW  1445 H dengan tema SMADA Bersholawat Penuh Cinta.

Kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut dipusatkan di masjid Al-Hikmah SMADA. Adapun raangkaian acaranya diawali dengan pembacaan lantunan ayat suci Al-Quran. Kemudian dilanjutkan sambutan kepala SMA Negeri 2 Lumajang, Bapak Moh. Yatim Khudlori, M.Pd.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah mengatakan, kegiatan peringatan maulid Nabi ini merupakan agenda rutin tahunan yang sudah masuk dalam program sekolah. Ia mengajak seluruh warga sekolah untuk mengikuti rangkaian kegiatan ini dengan khidmat dan sebaik-baiknya. Kepala sekolah juga berpesan agar seluruh warga sekolah terutama siswa dan siswi dapat meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan membaca sholawat Asyroqol Mahalul Qiyam. Terakhir ditutup dengan tausiyah agama dan doa penutup oleh Bapak KH. Fanandri Abdussalam.

: radyd || : slamet