February 29, 2024
BeritaKabar SekolahKesiswaan

Sekolah Perkuat Aqidah Siswa Melalui Kegiatan Pondok Ramadhan

SMADA News – Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Setiap amal baik yang dikerjakan di bulan ramadhan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Dalam upaya meraih keberkahan tersebut, SMA Negeri 2 ( SMADA ) Lumajang menggelar Pondok ramadhan bertempat di Masjid Al-Ikhlas SMADA.

Pelaksanaannya selama 4 hari mulai tanggal 10 sampai dengan tanggal 14 April. Pesertanya adalah siswa kelas X dan kelas XII.

Hari pertama dan kedua pesertanya adalah siswa kelas X. Pembagiannya Senin (10/4) diikuti siswa kelas X A, B, C, D, E dan F. Hari ke dua, Selasa (11/4) diikuti siswa kelas X G, H, I, J dan K. Sedangkan hari ketiga dan keempat untuk siswa kelas XI dengan pembagian, hari ketiga, Rabu (13/4) diikuti siswa kelas XI MIPA 1, 2, 3, 4, 5 dan 6. Hari ke empat, Kamis (14/4) diikuti siswa kelas XI MIPA 7, 8, IPS 1, 2 dan 3.

Kegiatan pondok ramadhan setiap harinya diawali dengan sholat dhuha, dzikir dan gerak batin dengan alokasi waktu 35 menit. Pukul 09.40 – 11.25 Tadarus Al-Quran, pukul 11.25 – 12.05 Sholat Dzuhur dan Kultum kemudian pada pukul 12.05 – 14.25 dilanjutkan dengan penyampaian materi thoharoh dan najis, wudhu dan mandi, puasa serta sholat dan praktik sholat.

Tema pondok ramadhan tahun ini adalah “Kuatkan Aqidah Mantabkan Ibadah.”

Melansir detik.com, menurut H. Masan dalam buku Pendidikan Agama Islam: Akidah Akhlak, aqidah berasal dari bahasa Arab aqada-ya’qudu-aqidatan yang artinya mengikat atau mengadakan perjanjian. Para ulama mendefinisikan aqidah sebagai sesuatu yang terikat dari hati nurani.

Adapun menurut istilah, akidah adalah suatu pokok atau dasar keyakinan yang harus dipegang oleh orang yang mempercayainya. Sehingga, pengertian akidah Islam adalah pokok-pokok kepercayaan yang harus diyakini kebenarannya oleh setiap muslim dengan bersandar pada dalil-dalil naqli dan aqli.

Menurut Taofik Yusmansyah dalam buku Aqidah Akhlak, landasan akidah Islam adalah rukun iman, yakni beriman kepada Allah SWT, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para utusan-Nya, hari akhir, dan kepada qada dan qadar-Nya.

Setiap umat Islam perlu memiliki aqidah sebagai landasan awal menuju kebaikan hidup. Karena aqidah berdasarkan kepada ajaran Islam itu sendiri yang bersumber pada Alquran dan hadits. Oleh karena itu, menjadi seorang muslim berarti meyakini dan melaksanakan segala sesuatu yang telah diatur di dalam ajaran Islam.

Berdasarkan tema pondok ramadhan di atas, harapannya melalui kegiatan pondok ramadhan ini siswa memiliki pemahaman akidah yang benar serta keyakinan kuat yang direalisasikan dalam kemantapan dan ketekunan ibadah dalam kehidupan sehari-hari.

: radyd | : bima | Lihat Dokumentasi