SMADA Gelar Pemilihan Ketua OSIS dan MPK Berbasis Komputer

SMADA News – SMA Negeri 2 (SMADA) Lumajang menggelar pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Ketua Majelis Perwakilan Kelas (MPK) periode 2022-2023 pada Kamis, 22 September 2022. Pemilihan tersebut dilaksanakan dengan berbasis komputer. Panitia menyiapkan satu lab komputer sebagai tempat pemungutan suara (TPS) dengan kapasitas 36 pemilih.

Pemilihan Ketua OSIS diikuti 3 kandidat calon yakni Anggit Wahyu Nugroho,  Aqila Mandaluna Izzathi dan Sandrina Putri Ashiilah. Sedangkan pemiliah Ketua MPK diikuti dua kandidat calon yakni Yesenia Atha Syakira dan Anggraini Indah Cahyani.

Rangkaian kegiatan pemilihan diawali dengan orasi kandidat calon ketua OSIS dan ketua MPK yang diikuti seluruh warga sekolah. Waktu pelaksanaannya mulai jam ke I sampai dengan jam ke IV di lapangan olahraga SMADA. Masing-masing calon diberikan kesempatan untuk menjelaskan visi dan misi mereka yang selanjutnya akan ditanggapi oleh audiens.

Setelah kegiatan orasi berakhir, secara maraton dilanjutkan dengan proses pemungutan suara. Proses pemungutan suara dilaksanakan secara bergantian per kelas. Adapaun teknisnya, panitia akan memanggil kelas yang mendapatkan giliran untuk memilih menuju TPS. Kemudian setiap siswa mengisi presensi pemilihan. Setelah itu, mereka akan diberikan nomor pin pemilihan secara acak untuk login ke aplikasi pemilihan. Usai memberikan suara, mereka harus mencelupkan salah satu jari ke tinta yang telah disediakan panitia sebagai tanda telah memberikan suara. Selain siswa, guru dan karyawan juga ikut serta memberikan suara.

Pemilihan Ketua OSIS periode 2022-2023 dimenangkan oleh Anggit Wahyu Nugroho dengan total perolehan suara sebesar 52%, kemudian disusul Aqila Mandaluna Izzathi diurutan ke-2 dengan prolehan suara sebesar 28 % serta Sandrina Putri Ashiilah diurutan ke 3 dengan perolehan suara sebesar 20%. Persaingan ketat terjadi pada pemilihan Ketua MPK. Anggraini Indah Cahyani memimpin dengan perolehan 50,26 % suara, sedangkan Yesenia Atha Syakira memperoleh 49,73 % suara.

Lihat dokumentasi Pemilihan Ketua Osis dan Ketua MPK masa bhakti 2022/2023.

(radyd)