May 22, 2024
BeritaKabar SekolahKehumasan

SMADA Gelar Pengukuhan Pengurus Komite Sekolah dan Buka Bersama

SMADA News – Komite sekolah merupakan lembaga mandiri yang beranggotakan orang tua/wali peserta didik, tokoh masyarakat, dan komunitas sekolah yang peduli terhadap pendidikan. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

Sehubungan dengan berakhirnya masa kerja pengurusan Komite Sekolah periode 2020-2023 serta telah ditetapkannya pengurus Komite yang baru, Minggu, (16/04) SMA Negeri 2 (SMADA) Lumajang menggelar acara Pengukuhan Pengurus Komite Sekolah periode 2023 – 2026 bertempat di aula SMADA. Acara tersebut dihadiri guru, karyawan, pengurus komite sekolah, ketua Ikatan Alumni SMADA Bapak Hendrik Dimartono serta perwakilan wali murid.

Berdasarkan Surat Keputusan ( SK ) Kepala Sekolah tertanggal 03 Januari 2023 yang dibacakan oleh Bapak Drs. Jaya Syahran Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Bapak Agus Setiawan dipercaya sebagai ketua Komite Sekolah untuk 3 tahun kedepan.

Prosesi pengukuhan dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah, Bapak Moh. Yatim Khudlori, M.Pd., yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis Surat Keputusan (SK) Kepala Sekolah tentang Susunan Organisasi dan Personalia Komite Sekolah kepada masing-masing pengurus komite.

Kepala Sekolah dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan pengukuhan pengurus komite sekolah periode 2023-2026 di bulan ramadhan ini mudah-mudahan membawa berkah dan mendapat ridho dari dari Allah SWT.

Ia berharap, Komite Sekolah dapat berperan aktif membantu sekolah dalam hal peningkatan sarana dan prasarana sekolah, peningkatan kesejahteraan warga sekolah utamanya guru dan tenaga kependidikan yang masih berstatus honorer serta peningkatan prestasi sekolah baik akademik maupun non akademik.

“Saya ucapkan selamat, mudah-mudahan Komite SMA Negeri 2 Lumajang dapat bersinergi seirama menjadi mitra SMA Negeri 2 Lumajang sampai 2026,” pungkas Kepala Sekolah mengakhiri sambutannya.

Sementara itu Ketua Komite, Bapak Agus Setiawan mengajak seluruh pengurus komite beserta wali murid untuk mendukung manajemen pendidikan di SMADA secara moril maupun secara materi.

“Kalau moril pasti kita dukung, yang susah itu masalah materi, tentunya butuh kerjasama dari kita semuanya tidak hanya pengurus komite tetapi juga wali murid. Nah kebetulan disini ada perwakilan dari wali murid dari tiap-tiap kelas. komite sekolah tidak mungkin bisa bekerja sendirian, walaupun kami diberi keluasan untuk menghimpun pendanaan misalnya tapi tanpa dukungan dari wali murid kayaknya susah, jadi hari ini saya mewakili komite sekolah mohon untuk selalu didukung”, katanya.

Bapak Agus Setiawan mengatakan, dalam hal dukungan materi pihaknya akan mencoba menghimpun dari luar lingkungan sekolah bekerjasama dengan Ikatan Alumni SMADA.

“Kebetulan disini ada bapak ketua Ikatan Alumni yang kemarin sudah menyanggupi Insya Allah akan berkomunikasi dengan seluruh alumni SMADA yang ada di luar negeri maupun yang ada di luar kota Lumajang. Semoga dengan komunikasi yang intens, dengan kita menunjukkan progress kinerja kita selama ini alumni-alumni kita maupun pihak-pihak lain mau membantu kita mengembangkan SMA Negeri 2 Lumajang,” ungkapnya.

Ketua Komite kemudian menutup sambutannya dengan mengajak seluruh pengurus komite untuk melakukan AKSI yang berarti bergerak dengan tindakan konkrit di lapangan serta AKSI yang merupakan akronim dari Akuntabel, Kompeten, Solid  dan Inklusif.

Akuntabel memiliki pengertian dapat dipertanggungjawabkan secara administrasi. Kompeten memiliki pengertian senantiasa belajar dari para senior atau pihak-pihak lain yang lebih berpengalaman, Solid memiliki pengertian tidak terpecah belah serta selalu kompak hingga akhir masa kerja, dan Inklusif memiliki pengertian selalu membuka diri dan mengajak semua pihak untuk bersama-sama memajukan SMA Negeri 2 Lumajang.

Usai Acara pengukuhan kemudian di lanjutkan dengan buka bersama.

: radyd | : bima | Lihat Dokumentasi | : Lihat Video