May 23, 2024
BeritaKabar SekolahKurikulum

SMADA Gelar Ujian Keterampilan Terintegrasi 9 Mapel

SMADA News – SMA Negeri 2 Lumajang (SMADA Lumajang) menggelar Ujian Sekolah Keterampilan Integrasi untuk kelas XII. Kegiatan tersebut dalam rangka pengambilan nilai praktik untuk kelas XII tahun pelajaran 2023-2024.

Bapak Hadi Purnomo, S.Pd, selaku ketua panitia dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan ujian praktik tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, pasalnya ujian praktik tahun ini dilaksanakan secara integrasi antar mata pelajaran.

“Perlu saya laporkan bahwa ujian keterampilan tahun ini ada perbedaan dari tahun kemarin dimana tahun kemarin masing-masing mata pelajaran melaksanakan ujian keterampilannya masing-masing mandiri per mapel. Tetapi tahun ini perbedaannya adalah dalam bentuk integrasi antar mapel dimana integrasi antar mapel yang hari ini terintegrasi ada 9 yaitu seni tari, seni rupa bahasa Jawa, sejarah Indonesia sejarah peminatan, pendidikan kewirausahaan, bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan mapel PPKn,” terang Bapak Hadi.

Lebih lanjut ia mengatakan, Tema Ujian Sekolah Keterampilan Integrasi ini adalah Swakarsa Raksa Pinandhita dengan jargon Nostalgia Penuh Rasa. Artinya bahwa panitia mengemas kegiatan ini sedemikian rupa sehingga saat pengunjung memasuki outlet-outlet dan menikmati karya-karya siswa yang ada, mereka diajak sedikit flashback atas prestasi yang telah diraih SMADA Lumajang sejak era tahun 2000 an.

Ujian Sekolah Keterampilan Integrasi ini dilaksanakan selama dua hari tanggal 19 dan 20 Desember 2023 bertempat di lapangan upacara SMADA sebelah timur. Pesertanya diikuti kelas XII yang terdiri dari 8 kelas jurusan MIPA dan 3 kelas jurusan IPS dengan jumlah total peserta sebanyak 388 siswa. Sedangkan siswa kelas X dan XI dengan jumlah 22 kelas berperan sebagai apresiator yang pelaksanaan kunjungannya dibagi dalam dua hari tersebut.

Sementara itu, Kepala Sekolah, Bapak Moh. Yatim Khudlori, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh panitia baik dari guru maupun siswa atas persiapan yang telah dilakukan untuk mensukseskan acara ini.

Kepala Sekolah menjelaskan, nilai ujian praktik ini nantinya akan diolah dengan nilai ujian tulis serta nilai rapor yang nantinya akan menjadi nilai ijazah untuk kelas XII.

“Jadi ujian sekolah ada dua, ujian praktik dan ujian tulis. Untuk ujian tulis itu ada dua soal pilihan ganda dan uraian. Uraian 40% pilihan ganda 60%. Hasilnya ditambahkan dengan nilai ujian praktik dibagi dua dan ini menjadi nilai ujian. Kemudian nanti ditambahkan dengan nilai rapor dari semester 1 sampai semester 5. Jadi 50 % nilai raport, 50% nilai ujian sekolah itulah nanti namanya nilai ijazah yang tertulis di ijazah kalian,”tutur Kepala Sekolah.

Seremonial pembukaan Ujian Sekolah Keterampilan Integrasi ini dilaksanakan tanggal 19 pagi yang ditandai dengan pemukulan gong secara simbolis dilanjutkan pemotongan pita dan pelepasan burung merpati oleh Kepala Sekolah, Bapak Moh. Yatim Khudlori, M.Pd,.

: radyd || : doc.instagram-smadalmj.id