Serentak, SMADA Gelar PAS Satu Sesi

SMADA News – Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan penilaian untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa di akhir semester ganjil. Cakupannya meliputi seluruh indikator yang merepresntasikan Kompetensi Dasar (KD) pada semester tersebut. Kemudian hasilnya akan diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa. Selanjutnya hasil tersebut akan ditindaklanjuti dengan program remedial, pengayaan dan pengisian rapor semester ganjil.

Sejak 8 November 2021, SMADA Lumajang telah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) satu sesi. Maka Penilaian Akhir Semester (PAS) tahun ini juga dilaksanakan secara serentak satu sesi yang diikuti sekitar 1176 siswa kelas X, XI dan XII. Pelaksanaannya mulai Rabu, 24 November sampai dengan Jum’at 3 Desember 2021. PAS dilaksanakan secara daring jaringan Wifi lokal sekolah menggunakan smartphone dan komputer.

Untuk meminimalisir tindak kecurangan, panitia mewajibkan seluruh siswa menginstal aplikasi Exambrowser di smartphone masing-masing dan menonaktifkan koneksi internet mereka. Selain itu, panitia juga menugaskan seorang pengawas disetiap ruang pelaksanaan PAS.

Sebanyak tujuh orang teknisi ditugaskan untuk mengawal kelancaran pelaksanaan PAS tahun ini. Bagi siswa yang terkendala masalah perangkat, maka mereka diminta mengikuti PAS menggunakan komputer diruang laboratorium komputer. Panitia menyiapkan dua ruang laboratorium komputer sebagai ruang cadangan.

Sebelumnya telah dilaksanakan simulasi pelaksanaan PAS selama dua hari yakni Senin, Selasa 22 dan 23 November. Simulasi ini dilaksanakan untuk memastikan kesiapan siswa serta sarana dan prasarana pendukung kegiatan PAS.