Gelar PAT Saat Pandemi, SMADA Siapkan Dua Teknik

Penilaian akhir Tahun (PAT) adalah kegiatan ujian yang digelar pada akhir semester genap. Tujuannya untuk mengukur penguasaan siswa terhadap kompetensi yang telah dipelajari dalam satu semester akhir. Nilai PAT ini menjadi salah satu penentu bagi siswa untuk naik kelas atau tidak disamping kriteria kenaikan lain yang sudah ditentukan.


Pelaksanaan PAT di SMADA kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan keadaan darurat akibat pandemi COVID-19. Ditahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan PAT dilaksanakan melalui daring lokal LAN.

“PAT tahun ini kitalaksanakan dengan dua cara, yaitu test dan non-test” ungkap bapak Sutrisno selaku Waka Kurikulum SMADA.

PAT dengan metode test sendiri digelar secara daring baik daring murni maupun daring lokal lan sekolah. Pihak sekolah menyediakan opsi daring lokal lan untuk mengakomodir siswa kurang mampu.Untuk daring murni, siswa mengerjakan dirumah masing-masing menggunakan perangkat yang mereka miliki berupa smartphone, tablet, laptop atau PC. PAT secara daring dijadwalkan selama delapan hari yakni mulai hari ini, Selasa 2 Juni 2020 sampai Kamis 11 Juni 2020.

Untuk menunjang kelancaran PAT secara daring, sekolah menugaskan delapan orang pengawas dan lima orang proktor. Proses pengawasan dilaksanakan secara daring di sekolah dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah.