SMADA Lumajang Peringkat 195 Nasional UTBK LTMPT 2022

SMADA News – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merupakan lembaga dibawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) yang ditunjuk untuk menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru. Dikutip dari sistus resminya, LTMPT memiliki 3 tujuan yakni, melaksanakan tes masuk perguruan tinggi yang kredibel, adil transparan, fleksibel, efisien, akuntabel, membantu perguruan tinggi memperoleh calon mahasiswa berdasarkan nilai akademik atau nilai akademik dan prestasi lainnya, melalui jalur SNMPTN, dan membantu memperoleh calon mahasiswa berdasarkan hasil UTBK saja atau UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN, melalui jalur SBMPTN.

Jumat (26/08/2022) LTMPT secara daring merilis Top 1000 sekolah berdasarkan nilai UTBK. Dalam rilis tersebut, SMA Negeri 2 (SMADA) Lumajang berada pada peringkat 195 nasional dengan nilai total 560.915, turun 37 peringkat dari data tahun 2021, dimana SMADA berada pada peringkat 158 dengan nilai total UTBK 562.643. Sedangkan ditingkat Provinsi Jawa Timur, nilai UTBK SMADA tahun 2022 berada pada peringkat 19, naik 3 peringkat dari data tahun 2021 yang berada pada peringkat 22.

Bapak Sutrisno, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum menyampaikan, tahun 2022 penurunan peringkat nasional nilai UTBK LTMPT dialami sebagian besar sekolah negeri. “Tahun ini rata-rata sekolah-sekolah negeri peringkatnya turun”, ungkapnya sambil menyebutkan beberapa sekolah di Jawa Timur yang peringkatnya turun.

Sementara itu, Bapak Jaya Syahran, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas melalui pesan WhatsApp menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang telah diraih SMADA. Ia mengatakan bahwa peringkat UTBK LTMPT merupakan sebuah tantangan bagi sekolah.

“Alhamdulillah, sebuah tantangan sudah terbuka…. Minimal bertahan. Monggo kita terima tantangan ini dengan tetap fokus dan solid dalam mempersiapkan anak bangsa”, tulisnya.

Dikutip dari kanal youtube resmi LPTMP saat acara rilis peringkat sekolah, Profesor Mochamad Ashari, ketua LTMPT 2022 menjelaskan, jumlah sekolah yang mengikuti UTBK sebanyak 23.657 dengan peserta sebanyak 745.115. Untuk pemeringkatan, LTMPT memilih sekolah dengan jumlah peserta UTBK minimum sebanyak 40 orang hanya dari lulusan tahun 2022. Jumlah sekolah yang memenuhi kriteria tersebut sebanyak 3.381 sekolah dengan jumlah peserta 515.165 orang. Sedangkan untuk nilai UTBK dihitung berdasarkan hasil 60 persen Tes Potensi Skolastik (TPS) ditambah 40 persen Tes Kemampuan Akademik (TKA).

 (radyd)