Peringatan HUT ke-77 Indonesia, Mendikbudristek Ajak Gotongroyong Wujudkan Merdeka Belajar

Education News – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, mengajak masyarakat untuk melanjutkan kembali gotongroyong dalam mewujudkan Merdeka Belajar. Hal tersebut disampaikan pada pidatonya selaku Pembina Upacara dalam Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia yang digelar di halaman Kantor Kemendikbudristek.

Dikutip dari kanal youtube Kemendikbudristek, Menteri Nadiem mengucapkan selamat memperingati HUT Indonesia kemudian menyerukan ajakan tersebut.

“Saya, Mendikbudristek Nadiem Makarim, mengucapkan selamat memperingati hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 untuk semua masyarakat Indonesia kususnya para pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik diseluruh tanah air. Mari kita lanjutkan gotong royong kita untuk memulihkan dan membangkitkan Indonesia merdeka mewujudkan Merdeka Belajar.”katanya.

Mendikbudristek menyampaikan, tema peringatah HUT ke-77 Kemerdekan Indoneisa yakni “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” saat ini dibuktikan melalui presidensi G20. Kemendikbudristek menggalang kolaborasi global untuk bergotongroyong memulihkan dan membangkitkan sistem pendidikan.

Menteri Nadiem juga menjelaskan beberapa terobosan Merdeka Belajar yang saat ini sudah mencapai episode 21 yakni, proses belajar yang semakin berpihak kepada siswa, kemerdekaan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui kurikulum Merdeka dan platform-platfom digital, terobosan mekanisme Bantuan Operasional Sekolah dan berbagai dukungan beasiswa, berbagai program belajar di luar kampus yang terhimpun dalam kampus merdeka bagi mahasiswa, dan dukungan pendanaan bagi seniman dan pelaku budaya yang merupakan kelanjutan dari terobosan dana abadi kebudayaan dan kanal budaya di Indonesia.

(radyd)