Visi & Misi

V I S I

Layanan pendidikan di SMA Negeri 2 Lumajang yang dapat diterima masyarakat dan mampu bersaing di tingkat nasional dan global dirumuskan dalam visi sekolah sebagai berikut: “Menjadi sekolah yang unggul dalam prestasi, anggun dalam penampilan yang bernuansa IMTAQ dan IPTEK, berkepribadian Nasional serta berdaya saing internasional”.

Unggul dalam prestasi pada visi SMA  Negeri  2  Lumajang tersebut, ketercapaiannya dapat lihat dari keberhasilan siswa SMA Negeri 2 Lumajang berprestasi dibidang akademik dan non akademik, misalkan: (a)  Menjadi wakil kab. Lumajang, untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) di tingkat propinsi Jawa Timur untuk sembilan kejuaraan (9 mata pelajaran); (b) Mewakili kab. Lumajang, untuk mengikuti pelaksanaan kegiatan kejuaraan seni dan olahraga antara lain  O2SN dan FLS2N; (c) Selalu memperoleh juara ketika mengikuti kegiatan perlombaan di kab. Lumajang; (d) Seringnya siswa SMA Negeri 2 Lumajang memperoleh juara pada kegiatan lomba olimpiade yang diadakan oleh perguruan tinggi; (e) Siswa SMA Negeri 2 Lumajang memiliki nilai UN tertinggi minimal tingkat kab. Lumajang; (f)  Jumlah siswa SMA Negeri 2 Lumajang yang diterima di PTN pada jalur SNMPTN jauh lebih banyak dibanding sekolah lain di kab. Lumajang; (g)  Jumlah siswa SMA Negeri 2 Lumajang yang diterima di PTN pada jalur SBMPTN jauh lebih banyak dibandingkan dengan sekolah lain di kab. Lumajang.

Anggun dalam penampilan pada visi SMA  Negeri  2  Lumajang,  ketercapaiannya dapat lihat dari siswa SMA Negeri 2 Lumajang yang membudayakan salam, senyum, sapa, sopan, dan santun di lingkungan sekolah (masyarakat); santun dalam perpakaian; santun dalam perkataan dan perbuatan; saling tolong menolong; dan saling menghormati antara warga sekolah.

Bernuansa IMTAQ, ketercapaiannya dapat lihat dari siswa SMA Negeri 2 Lumajang yang menjalankan ibadah sesuai ajaran agama yang dianutnya. Nuansa IPTEK, ketercapaiannya dapat dilihat pada kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 2 Lumajang yang  mengembangkan pembelajaran berbasis TIK dengan mengintegrasikan PPK, literasi, 4C, HOTS, dan penilaian berbasis komputer.

Berkepribadian nasional, ketercapaiannya dapat lihat dari siswa SMA Negeri 2 Lumajang yang memiliki karakter religiusitas, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Dalam hal ini, nasionalis ditumbuhkan melalui perilaku mencintai budaya bangsa dan integritas ditanamkan kepada siswa dengan menjamin siswa yang  bebas dari narkoba.

Berdaya saing internasional, ketercapaiannya dapat lihat dari siswa SMA Negeri 2 Lumajang yang mampu mengikuti kegiatan-kegiatan sekolah ditingkat internasional di bidang akademis maupun non akademis; memiliki kualitas lulusan bertaraf internasional yang mampu berkomunikasi dalam bahasa internasional secara aktif; dan memiliki lulusan yang mampu melanjutkan sekolah di perguruan tinggi bertaraf internasional.

M I S I

  • Mewujudkan peserta didik yang berkualitas tinggi dan unggul dalam prestasi.
  • Membudayakan salam, senyum, sapa, sopan, dan santun di lingkungan sekolah (masyarakat); santun dalam perpakaian; santun dalam perkataan dan perbuatan; saling tolong menolong; dan saling menghormati antara warga sekolah.
  • Memfasilitasi terlaksananya kegiatan ibadah sesuai ajaran agama yang dianutnya.
  • Melaksanakan pembelajaran bermutu, berbasis TIK yang menggunakan e-modul berbasis sigil, penilaian berbasis komputer, serta mendayagunakan sekolah jaringan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
  • Menumbuhkembangkan karakter religiusitas, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas, diantaranya perilaku mencintai budaya bangsa dan menjamin peserta didik yang  bebas dari narkoba.
  • Memotivasi peserta didik untuk mengikuti kegiatan-kegiatan sekolah ditingkat internasional di bidang akademis maupun non akademis; termasuk memotivasi peserta didik agar mampu berkomunikasi dalam bahasa internasional secara aktif serta memberi wawasan agar melanjutkan sekolah di perguruan tinggi bertaraf internasional.