May 23, 2024
BeritaKabar SekolahKehumasan

Kacabdin Buka MGMP SMA Negeri / Swasta Kabupaten Lumajang Tahun 2023

SMADA News – Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Jember Kabupaten Lumajang, bapak Sugeng Trianto, S.Sos., M.M., Selasa (15/8) secara resmi membuka Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMA Negeri / Swasta se Kabupaten Lumajang tahun 2023.

Acara dilaksanakan di Aula SMAN 2 Lumajang (SMADA Lumajang) serta dihadiri Kasi. SMA Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang, Pengawas SMA Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang dan MKKS SMA Kabupaten Lumajang.

Pada kesempatan tersebut Kacabdin menyampaikan bahwa MGMP merupakan wadah proporsional bagi tenaga pendidik mata pelajaran yang sama untuk memfasilitasi peningkatkan keterampilan dan pengetahuan pendidik melalui program pengembangan keprofesian guru yang dikenal dengan istilah pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Mengutip quipper.com, Pengembangan kompetensi bagi guru tidak hanya berupa pembekalan materi tapi ada banyak kegiatan yang wajib diikuti oleh tenaga pendidik. Adapun jenis kegiatan PKB yang sudah dirancang oleh pemerintah, seperti Pelaksanaan Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah, dan Karya Inovatif.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini selasa tanggal 15 Agustus tahun 2023 bertempat di SMAN 2 Lumajang kegiatan MGMP SMA di Kabupaten Lumajang saya nyatakan dibuka dan dimulai, semoga kita selalu diberikan kekuatan kesehatan dan kesabaran sehingga kita dapat menjalankan mencerdaskan kehidupan bangsa”, kata Kacabdin membuka kegiatan ini.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Koordinator Pengawas SMA/SMK Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang, bapak Nanang MC Yusuf, S.Pd., M.Si. menyampaikan apresiasi kepada Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang yang telah memfasilitasi terselenggaranya acara ini.

Selanjutnya Bapak Nanang mengatakan bahwa kepengurusan MGMP tahun 2023 telah dibentuk dan ditetapkan berdasarkan surat keputusan yang ditandatangani Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Jember Kabupaten Lumajang, bapak Sugeng Trianto, S.Sos., M.M.. Dengan demikian MGMP di Kabupaten Lumajang dapat dilaksanakan berdasarkan program kerja yang telah disusun sebelumnya.

Ia pun optimis melalui pembinaan dalam MGMP ini, pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dapat diterapkan di kelas sebagai perwujudan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Pada kesempatan itu juga, Bapak Mujiarto, S.Pd. selaku perwakilan pengurus menyampaikan beberapa kendala dalam pelaksanaan MGMP sebelumnya berdasarkan hasil koordinasi pengurus MGMP tahun 2023.

Adapun kendala yang seringkali dijumpai saat kegiatan MGMP diantaranya, jadwal dari sekolah belum pasti, terkendala izin dari Kepala Sekolah karena jadwal mengajar yang padat dan untuk kegiatan MGMP mapel tertentu seperti PJOK terkadang terkendala dana karena memang membutuhkan dana yang agak besar.

Bapak Muji berharap, kendala-kendala tersebut dapat diatasi bersama-sama melalui sinergi antara Cabang Dinas Pendidikan, MKKS serta pengurus MGMP.

: radyd